Tips belajar setir mobil untuk wanita


Tips belajar setir mobil untuk wanita



Pengalaman diajarin Bapak setir mobil dulu dan pengalaman ku mengajari tetangga kemaren, membuatku bisa menarik sedikit hikmah, ternyata wanita itu membutuhkan 1000 kesabaran lebih banyak dibanding lelaki yang nyalinya jauh lebih besar. Wanita memegang setir mobil butuh keberanian yang extra untuk melaju.
Kalo lelaki, hajar bleh, saya ampe keringetan dingin ngajar si mas nyetir mobil, lha wong baru juga pegang stir, langsung kebut, maaakk.. banting kiri banting kanan.. hedeh.. instruktur mana yang gak jantungan.. kakiku aja sampe ikut2an ngerem saking tegangnya :D cukup sekali didampingi, selanjutnya “dah sana muter2 sendiri”.. eh bisa.. meski harus berkorban, mobil penyok di sana sini, nyerempet tembok di garasi :(
Kalo wanita :
“mbaak, ini gimana? aku takut jalannya rame”..
“mbaak.. ini mesin mobil kok tiba2 mati seh”..
“aduh mbaak, dibelakang ada mobil mercy”..
“duuuh ini apa seh nglakson2 mulu, dah tau lagi belajar, aku musti gimana nih mbak”..
kalo aku bilang : “udaah gas aja !! sepi tuh, biar jalannya mobil ga ndut2an”.. “aduuh ga berani, takut nabrak”.. :D
hihihi jadi ingat dulu, persis seperti aku dulu belajar sama Bapak, ngomel sepanjang jalan, takut ini takut itu.. bapak cuman bilang “dah tenang aja, ga usah panik, ada yang nglakson? biarin aja!! jalan masih lebar kok !!”.. hihihi.. gak sia2 akhirnya aku bisa menggantikan Bapak perjalanan jauh Jogja – Malang :D
Jadi tipsnya nih :
1. konsentrasi
>>> kalo cewe lebih cepet khatam teori tapi susah praktek, akan lebih mudah mengingat2 dengan praktek dan latihan soal :D
2. dengarkan suara mesinnya
>>> ini bisa melatih sense untuk seberapa kuatkah harusnya menginjak pedal gas dan kopling (buat yang masih manual). Kapan gas terlalu pelan dan rasanya mesin akan mati. Belajar menyeimbangkan kedua hal ini susah sekali untuk beberapa wanita
3. kasih tanda di pojok depan kiri mobil
>>> kalo aku dulu dibikinin antena sendiri sama bapak, kalo si mas, pasang antena di bengkel, kalo tetanggaku kemaren aku bikinin dari tangkai pohon ditempel di lampu mobil pake selotip, hehe.. ini buat belajar mengira2 apakah sudut terjauh mobil masih bisa masuk ke jalan2 sempit atau untuk belajar parkir.
4. tenang tenang dan tenang..
>>> yang namanya cewe pasti nature-nya “panikan”.. apalagi kalo tiba2 mesin mati di tengah jalan yang rame, diklakson disana sini, kalo dah gitu, tenang aja, dan konsentrasi apa yang harus segera dilakukan : nolkan gigi – injak rem – nyalakan mesin mobil
5. sebagai pendamping/instruktur harus tenang juga, dan menenangkan yang lagi belajar
>>> jangan ikut panik dan malah menyuruh si wanita untuk mundur duduk dibelakang, sabar, biarkan saja dia menyelesaikan belajarnya, di saat2 yang sulit membuat pengalaman dan keberaniannya bertambah
6. belajar berkesinambungan
>>> Jangan pernah belajar nyetir terputus, misal, seminggu sekali, atau sebulan sekali.. ya pasti ilang lagi keberaniannya.. kalo bisa, setiap hari, minimal 1 jam, harus berani muter2 sendiri…
7. sebaiknya pertama belajar, jangan pakai AC dulu, buka kaca jendela mobil
>>> Kalo ga yakin dengan posisi kemudi, posisi ban mengarah kemana, intip saja keluar, ini bisa digunakan untuk belajar parkir mundur juga, lama2 tutup jendela kaca, dan belajar mempercayai spion :D
Jadi, buat ibu2 yang blum bisa nyetir, ayoo belajar.. pentingnya apa? kalo sewaktu2 ada kondisi darurat, sedangkan suami tidak ada di tempat, siapa lagi yang bisa nganter?

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews